Kelas Edukasi "Persiapan Anak dan Orang Tua Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka" Tahun 2021

Judul: "Persiapan Anak dan Orang Tua Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka"   Narasumber: Dr. Nurussakinah Daulay, M.Psi,. Psikolog dr. Yogi Prawira, Sp. A (K)   Moderator:   1.  dr. Rini Haryanti   Peserta: Kegiatan Kelas Edukasi ini diikuti oleh 183 peserta zoom dan ratusan peserta di kanal Youtube UPK termasuk didalamnya pegawai Kementerian Kesehatan, para tenaga Kesehatan dan masyarakat umum yang memanfaatkan pelayanan di Unit Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI.   Gambaran Umum:         Covid-19 melanda Sebagian besar negara di dunia sehingga WHO tekah menetapkan bahwa dunia dalam kondisi pandemic Covid-19. Indonesipun tak terhindarkan dari pandemi tersebut yang berdampak pada seluruh aspek kehidupan manusia, baik segi ekonomi, sosial, Kesehatan, bahkan pendidikan. Hamper seluruh negaraterdampak pandemi mengambil kebijakan menutup sekolah. Namun, anak harus tetap tetap mendapatkan haknya memperoleh layanan pedidikan. Oleh karena itu, Pemerintah mengeluarkan Surat Earan Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020, yang satu isinya tentang pembelajar dari rumah selama pandemi melalui pembelajaran jarak jauh.         Situasi pandemi yang menumbuhkan optimisme untuk bersama pulihkan Pendidikan. Hampir dua tahun anak-anak Indonesia tidak belajar sebagaimana mestinya. Pemulihan sangat mendesak untuk dilakukan. SKB empat Menteri ditetapkan melalui berbagai pertimbangan yang matang demi kemaslahatan bersama, khususunya masa depan anak-anak Indonesia. Kebijakan ini mengharapkan satuan Pendidikan dapat melaksanakan pembelajaran tatap muka. PTM dapat dimulai sejak dikerluarkan SKB Empat Menteri atau minimal dimulai bulan Juli 2021 sebaai awal tahun pembelajaran. Pengaturan Pembelaaran Tatap MUka (PTM) Terbatas  mempunyai kategori A,B,C,D,E,F, dan K. Kategori A-C Level PPKM Level 1-2, Kategori D dan E level PPKM 3, kategori F level PPKM Level 4, kategori K daerah khusus/3T.                              

Kelas Edukasi "Persiapan Anak dan Orang Tua Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka" Tahun 2021

Judul: "Persiapan Anak dan Orang Tua Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka"

 

Narasumber:

  1. Dr. Nurussakinah Daulay, M.Psi,. Psikolog
  2. dr. Yogi Prawira, Sp. A (K)

 

Moderator:

  1.  dr. Rini Haryanti

 

Peserta:

Kegiatan Kelas Edukasi ini diikuti oleh 183 peserta zoom dan ratusan peserta di kanal Youtube UPK termasuk didalamnya pegawai Kementerian Kesehatan, para tenaga Kesehatan dan masyarakat umum yang memanfaatkan pelayanan di Unit Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI.

 

Gambaran Umum:

        Covid-19 melanda Sebagian besar negara di dunia sehingga WHO tekah menetapkan bahwa dunia dalam kondisi pandemic Covid-19. Indonesipun tak terhindarkan dari pandemi tersebut yang berdampak pada seluruh aspek kehidupan manusia, baik segi ekonomi, sosial, Kesehatan, bahkan pendidikan. Hamper seluruh negaraterdampak pandemi mengambil kebijakan menutup sekolah. Namun, anak harus tetap tetap mendapatkan haknya memperoleh layanan pedidikan. Oleh karena itu, Pemerintah mengeluarkan Surat Earan Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020, yang satu isinya tentang pembelajar dari rumah selama pandemi melalui pembelajaran jarak jauh.

        Situasi pandemi yang menumbuhkan optimisme untuk bersama pulihkan Pendidikan. Hampir dua tahun anak-anak Indonesia tidak belajar sebagaimana mestinya. Pemulihan sangat mendesak untuk dilakukan. SKB empat Menteri ditetapkan melalui berbagai pertimbangan yang matang demi kemaslahatan bersama, khususunya masa depan anak-anak Indonesia. Kebijakan ini mengharapkan satuan Pendidikan dapat melaksanakan pembelajaran tatap muka. PTM dapat dimulai sejak dikerluarkan SKB Empat Menteri atau minimal dimulai bulan Juli 2021 sebaai awal tahun pembelajaran. Pengaturan Pembelaaran Tatap MUka (PTM) Terbatas  mempunyai kategori A,B,C,D,E,F, dan K. Kategori A-C Level PPKM Level 1-2, Kategori D dan E level PPKM 3, kategori F level PPKM Level 4, kategori K daerah khusus/3T.